Penghasilan Sampingan

Jumat, 16 Maret 2012

Vermintea Minuman Kesehatan dengan Citra Rasa Tinggi

Suatu kenyataan menunjukkan bahwa diera globalisasi sekarang ini, masyarakat sudah beralih ke produk soft drink. Hal ini dikarenakan masyarakat disibukkan dengan aktivitas yang padat sehingga masyarakat memenuhi kebutuhan pangannnya dengan cara cepat dan instan. Padahal dari hasil penelitian menunjukkan soft drink jika dikomsumsi secara berlebihan dapat memicu pertambahan berat badan dengan cepat, menimbulkan kerusakan gigi, menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral, memperberat suatu penyakit, dan dapat mengarah kepada ketergantungan, karena didalam soft drink mengandung kafein dan zat aditif kimia (Wirakusumah, 1996). Melihat fenomena tersebut, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan kita untuk “back to the nature” dengan menganjurkan kepada masyarakat untuk memanfaatkan buah-buahan maupun produk olahannya.

Tanaman lidah buaya (Aloe vera) merupakan tanaman yang lebih dikenal oleh masyarakat sebagai tanaman hias penyemarak taman. Pada saat sekarang ini, tanaman lidah buaya kini semakin populer dikarenakan manfaat yang terkandung didalamnya yaitu bermanfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat tanaman lidah buaya diantaranya mengobati sakit kepala/pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, batuk rejan, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid dan penyubur rambut. Selain itu lidah buaya juga bermanfaat sebagai penyembuh luka dan luka bakar serta mengurangi infeksi (Anonymous, 2010).

Tanaman teh juga mempunyai khasiat yang tak kalah hebatnya dengan lidah buaya. Semakin banyak penelitian tentang teh baik teh hitam maupun teh hijau kini teh dapat digali dan diketauhi secara luas tentang manfaat dan khasiat teh. Teh mengandung senyawa katekin, theaflafin serta galatnya mempunyai sifat antimikrobial. Kedua jenis teh ini menghambat bakteri patogenik dalam spektrum yang luas. Selain itu, katekin teh juga mampu menghambat bakteri-bakteri penyebab kerusakan/ pengeroposan gigi (Anonymousd, 2007). Penelitian di Jepang (Nakayama et al., 1990) juga menemukan bahwa polifenol teh hijau dapat berperan sebagai antivirus, antikaries, antialergi dan antifungal.

Daun mint merupakan tanaman yang banyak dialam yang belum banyak termanfatkan menjadi sumber daya tersendiri yang sangat potensial untuk dimanfatkan. Selama ini, pemanfaatan daun mint dimanfaatkan sebagai pemberi aroma dan efek segar pada minuman atau makanan. Selain itu kandungan senyawa dalam daun mint memiliki manfaat yang cukup banyak. Senyawa menthol sebagai senyawa utama (2.5 % berat kering) mempunyai sifat-sifat fungsional yang bermanfaat bagi kesehatan. (Anonymouse, 2007).

Vermintea merupakan minuman kesehatan yang terdiri dari perpaduan lidah buaya (Aloe vera), mint dan tea yang merupakan produk minuman kesehatan dengan citra rasa tinggi dan dapat memenuhi dan menjawab tuntutan konsumen. Minuman ini, merupakan inovasi produk yang terlebih dahulu dilakukan uji formulasi antara daun teh, mint dan lidah buaya sehingga didapatkan suatu produk dengan sifat dan uji organoleptik yang optimal. Selain itu, Vermintea juga mempertimbangkan kemudahan dalam komsumsi dengan suatu inovasi kemasan yang praktis, sehingga dapat memenuhi tuntutan konsumen dengan aktivitas padat yang menuntut kemudahan dalam komsumsi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar