Penghasilan Sampingan

Jumat, 16 Maret 2012

DIET ATKIN

Diet atkin (Atkin Diet ) merupakan diet yang diciptakan oleh robert atkin (1972). Diet atkin merupakan diet yang mengurangi komsumsi karbohidrat atau rendah karbohidrat. Diet ini menggantikan karbohidrat dengan protein atau dengan kata lain diet rendah karbohidrat tinggi protein.Diet atkin melarang komsumsi karbohidrat atau memangkasnya dan menggantikannya protein atau lemak. Pembatasan karbohidrat bertujuan untuk mengalihkan metabolisme tubuh dari glukosa beralih ke lemak yang disimpan di dalam tubuh yang bertujuan membakar lemak tubuh sehingga berat badan berkurang proses ini disebut ketosis. Proses ketosis dimulai ketika tingkat insulin rendah pada manusia normal, insulin adalah terendah ketika tingkat glukosa darah rendah (terutama sebelum makan. Ketosis lipolisis terjadi ketika beberapa toko lipid dalam sel lemak akan ditransfer ke darah dan dengan demikian digunakan untuk energi. Di sisi lain, kalori karbohidrat (misalnya, glukosa atau pati , yang terakhir terbuat dari rantai glukosa) dampak tubuh dengan meningkatkan gula darah setelah konsumsi (Dalam pengobatan diabetes, kadar gula darah digunakan untuk menentukan harian insulin pasien persyaratan. Terakhir, karena rendahnya kecernaan's serat, itu menyediakan sedikit atau tidak ada energi makanan dan tidak signifikan glukosa dampak dan tingkat insulin.

Diet atkin memperbolehkan pengikutnya untuk mengkomsumsi lemak, berlawanan diet pada umumnya yang melarang pengikutnya untuk tidak mengkomsumsinya. Diet atkin memperbolehkan memakan makanan yang tinggi lemak dan protein seperti daging merah, unggas telur hingga mentega. Makanan yang tidak boleh dikomsumsi oleh pengikut diet atkin adalah roti, nasi, jagung, ubi, kentang dan tepung tepungan. Komsumsi jenis karbohidrat ini tidak boleh dikomsumsi seenaknya harus dibatasi bahkan harus dipinggirkan. Dengan pola makan membatasi karbohidrat, tubuh dipaksa untuk membakar simpanan lemkanya. Ketika lemak dibakar, metabolisme tubuh digiling kesuatu keadaan yang disebut ketosis. Dalam situasi inilah memicu terjadi penurunan berat badan dengan cepat.

Diet tradisional Atkins juga meminimalkan konsumsi segala jenis karbohidrat dengan kadar indeks glisemik rendah. Makanan berindeks glikemik rendah memiliki kadar gula yang rendah pula, atau melepaskan gula secara perlahan. Sedangkan, karbohidrat berindeks glikemik tinggi, seperti roti putih, hidangan sarapan dari sereal, dan gula konsentrat akan cepat dicerna dan mengakibatkan peningkatan kadar gula dan insulin darah secara cepat. Selain itu, ditemukan gejala bahwa karbohidrat berindeks glikemik rendah melepaskan gula lebih lambat dan mencegah lonjakan kadar glukosa dan insulin. Makanan yang termasuk kategori itu adalah padi-padian, sebagian besar buah, sayuran, kacang dan buncis. Beberapa penelitian sebelumnya mengindikasikan bahwa diet makanan dengan indeks glikemik rendah bermanfaat, namun belum jelas apakah efeknya disebabkan karena pengaruh diet yang lain seperti serat dan jumlah pemasukan kalori keseluruhan. Pada penelitian terbaru, seperti dikutip Antara dari DPA, tikus dikontrol diet ketat dengan nutrisi yang identik, kecuali untuk jenis karbohidrat dari zat tepung.

MEKANISME DIET TINGGI PROTEIN (ATKIN DIET)

Dariketiga nutrien makro (Karbohidrat ,protein dan lemak) ternyata protein lebih unggul dibandingkan lemak dan karbohidrat sebagai stimulan thermogenik. Hal ini disebabkan oleh biaya yang terjadi dalam pemrosesan asam amino. Makanan yang hanya protein saja menimbulkan eefek thermogenonik yang berjumlah kira-kira 30% dari total kalori makanan, sekitar dua keli lipaat dibandingkan dengan lemak.

Efek thermogenk inheren yang berasal dari banyaknya makanan protein. Karena secara umum merupakan jenis makanan yang thermogenik. Karena itu, denga mengubah diet berbasis karbohidrat anda ke kediet berbasis protein , maka anda secara otomatis thermogenesis, dua jenis makanan pengecualian dari hukum bahwa makanan protein sangat thermogenik:

1. Makanan protein berlemak tinggi ( lemak memiliki tehmogenik yang reandah)

2. Makanan protein yang sudah diproses atau di olah. Misalnya bubuk protein, daging kalengan (yang nilai thermogeniknya dan gizinya lebih rendah dibandingkan daging yang dimasak dalam keadaan segar)

Selain sangat thermogenik, dagging rendah lemak adalah makanan yang sangat baik kandungan gizi dan asma aminonya. Protein kedelai dan tahu merupakan pengganti daging yang baik daan terbukti dapat mencegah kanker, mengandung lemak baik serta bersifat thermogenik.

Sebagai makronutrisi, protein mengekang nafsu makan sehingga dapat membantu penurunan berat badan. Protein membangun jaringan-jaringan tubugh dan maenggantikan jaringan yang rusak, juga sebagai molekul antibodi dan sistem imun. Dalam bentuk enzim dan hormon, protein membantu mengatur tidur, pencernaan dan ovulasi.

Sebenarnya protein merupakan rangkaian komponen organik asam-asam amino yang terdapat pada sumber makanan pada tubuh kita. Protein berasal dari kata proteos, Yng berarti ‘yang utama atau yang di dahulukan”. Sekitar 20% bobor berat badan (atau seperlima dari bagian tubuh) kita terdiri dari protein (kedua terbesar komposisi air setelah air). Otot, tulang dan tulang rawan,kulit, kuku, rambut, organ-organ hormon, sel darah merah dan enzim senkuanya terbentuk oleh protein. Sekitar protein di dalm tubuh ada di dalam otot. Fungsi protein sebagai apembangun dan pemeliharaan sel-sel dan jaringan tubuh tidak dapat digantikan oleh zat gizi lain.

Protein terdiri dari rantai-rantai panjang asam amino yang terikat satu sama yang lain dalam ikatan peptida. Protein adalah pembanhgun dasar dalam kehidypan dan sangat penting bagi kehidupan dan sangat penting untuk hampir semua reaksi kimia di dalam tubuh kita. Tubuh seharusnya memiliki 20 jenis building blocks yang disebut asam amino untuk membentuk rantai asam amino kompleks. Dari 20 jenis tersebut ternyata tubuh hanya memproduksi 11 jenis yang disebut asam amino non esensial. 9 diantaranya disebut esensial karena tidak dapat diproduksi sendiri olah tubuhsehingga harus dipasok oleh makanan seperti leusin, isoleusin, valin, triptovan, fenilalanin, metionin, treonin, lisin dan histidin.

Asam amino tidak esensial merupaka asam amino yang dapat disintesa tubuh kita sendiri yang mengandung cukup nitrogren. Asam amino tidak esesnsial diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Nitrogen ini dapat berasal dari asam amino tidak esemnsial lain atau dari asam amino esensial yang berlebihan. Yang termasukasam amino non esensial adalah prolin, serin, arginin, tirosin, sistein, trionin, glisin, glutamat, alanin, aspartat dan glutamin.

Dalam diet atkins agar seseorang dapat menurukan berat badannya dibagi dalam 4 fase yaitu fase Induksi, ongoing Weigh loss 9OWL) atau pemeliharaan yang berkelanjutan , pra pemeliharaan dan pemeliharaan. Teori diet takin mengatakan bahwa dengan meningkatkan komsumsi makanan yang mengandung protein dan tidak makanan makanan berkarbohidrat selama 2 minggu pertama, tubuh akan membangun dimana tubuh menggunakan cadangan lemak untuk sebagai sumber energi.

Setelah dua minggu atau disebut tahap kedua anda boleh mengkomsumsi karbohidrat, walau hanya dalam porsi yang amat sangatt sedikit. Cara ini akan membuat tubuh mempertahankan kadar insulin tetap rendah dan menghentikan tubuh mengubah makanan menjadi lemak. Teorinya adalah bahwa makanan terlalu banyak karbohidrat akan meninggikan kadar gula darah. Pada gilirannya hal ini akan menghasilkan insulin, yang dengan cepat menuju aliran darah dan mengubah kelebihan gula darah menjadi lemak yang disebut trigliserida yang nantinya tersimpan sebagai lemak tubuh.

Fase Induksi

Fase induksi merupakan fase yang paling intes menurunkan berat badan yang paling banyak. Hal ini disebabkan karena orang-orang yang obesitas akan melakukan fase ini terus tanpa tanpa beralih ke fase-fase berikutnya.

Dalam fase Induksi, asupan karbohidrat dibuat sangat ceking, tidak boleh melebihi 20 gram per hari. Jumlah ini sangatlah minim, sebab hampir setiap bahan makanan, termasuk sayur sekalipun mengandung bahan ini. Karena itu, orang mesti pantang makan sayuran macam salad (tak boleh lebih makan 3 mangkok kecil per hari), brokoli, asparagus, dan lain-lain.buah-buahpun tak boleh disentuh. Apalgi roti, tepung-tepungan, beras, biji-bijian, kentang dan buah-buahan kaya tepung lainnya.

Fase pertama dalam diet atkin berlangsung selama 2 minggu itu tidak boleh makan makanan karbohidrat lebih dari 20 gram karbohidrat sehari. Untuk mendapatkkan hasil yang paling baik. Joseph Hickey, M.D. menganjurkan tetap mempertahankan asupan makanan berkarbohidrat 20 gram perhari sampai anda mencapau berat badan yang ideal. Dengan kata lain fase pertama ini diperpanjang waktunya. Kalau tidak anda berisiko terlalu memberikan banyak karbohidart kedalam tubuh sehingga tidak membakar tubuh untuk membakar lemaklebih banyak lemak. Menurut Dr. Hickey, dengan asupan karbohidrat 20 gram, pediet bisa menurunkan berat badan 5 sampai 10 pon ( 2,5 sampai 5 kg) dalam satu minggu,.

Fase OWL

Pada fase OWL orang mesti tetap berpegang teguh pada diet rendah karbohidrat. Lima hari diet atkins hanya berisi sekitar 45 gram karbohidrat atau jumlahnya dapat ditingkatkan sedikit sampai 60 gram perhari. Para pelaku diet atkin disarankan untuk tidak mengkomsumsi karbohidrat lebih dari takaran dan asupan yang disarankan untuk diet ini yaitu sekitar 200-400 gram tergantung pada tingkat akttivitas harian.

Pada fase ini diet atkin memiliki aturan penting diantaranya:

Ø Memakan makanan yang sesering anda mau selain makanan yang dipantang

Ø Tidak mengkomsumsi alkohol

Ø pembTasan karbohidrat sesuai takaran yang diperbolehkan

Setelah tahap OWL atau tahap kedua selesai dilakukan maka dilakukan fase atau tahap berikutnya yaitu fase premaintenance ( periode prapemeliharaan) yaitu jika berat badan ideal tercapai boleh menyentuh karbohidrat 3 kali seminggu.

Pada fase terakhir fase maintenance (fase pemeliharaan) yaitu tahap stabilisasi pemeliharaan sekaligus melihat hasilnya kemudian dilakukan dengan diet gizi seimbang.

PRO DAN KONTRA DIET ATKIN

Diet atkin banyak dicerca oleh ahli kesehatan maupun ahli gizi hal ini dikarenakan diet ala atkin mempunyai efek ganguan kesehatan yaitu gangguan hati dan ginjal. Menurut AICR (American Institute for Cancer Research), diet atkin membuat tubuh dalam keadaan ketosis dapat menyebabkan timbulnya penghancuran sel-sel otot, dehidrasi, sakit kepala, mual-mual, sampai ke problem ginjal. Artinya, situasi ketosis yang sengaja diciptakan oleh diet cara atkins, sesungguhnya bukan sesuatu yang sehat . AICR juga tak sependapat dengan pembatasan yang sangat ekstrem terhadap kelompok makanan tertentu. Pola makanan seperti ini akakn membuat tubuh kekurangan zat-zat gizi yang sangat penting seperti vitamin, serat, karbohidratdan vitamin.

Pertentangan diet atkin juga dikemukakan oleh American Heart Assosiasion (AHA) yang mennganggap penyusutan berat badan dengan diet tinggi protein rendah karbohidrat hanyalah bersumber dari hilangnya air pada tubuh. AHA prihatin karena diet tinggi protein akakn meningkatkan risiko timbulnya penyakit jantung koroner, yang sampai saa ini pe,bunuh nomer 1 di Amerika serikat (US).

Diet langsing ala atkin juga banya ditentang oleh ahli gizi karena dianggap memiliki dampak kesehatan yang sngat serius. Diet ala atkin, yang mengendapkan komsumsi makanan yang kaya protein rendah karbohidrat telah mendatangkan protes dari beberapa pihak. Terutama produsen makanan rendah lemak serta makanan program pekangsingan kini tidak lagi favorit. Ini jelas pukulan berat buat kalangan industri produsennya.

Diet atkin juga banyak dipookkan dengan hasil penelitian yang diterbitkan di The Annal of International Medicineyang menemukan bahwadiet atkin yang dilakukan dalam jangka panjang bisa mengakibatkan gagal ginjal ( bahkan pendietnya bisa melakukan transpantasi ginjal). Diet Atkins atau diet rendah serta dikatakan juga dapat memicu gangguan pada usus. Namun Robert Dr.C. Atkins, M.D yang menciptakan diet tinggi protein ini sejak 30 tahun lalu tidak bergeming. Bukti tentang keefektifan diet tinggi protein justru mulai bertambah seiring menjelang tahun-tahun terakhir hidup Dr. Atkins.

Selain banyak penentang dari diet ala Atkin, juga ada yang mendukung diet tinggi protein ini. Diantaranya dari kajian study yang diterbitkan dalam The lancent (2004; 364:897-899) menyimpulkan, berbeda dengan kecaman populer terhadap diet ini, penurunan berat badan pada orang-orang yang mengikuti diet Atkins bukan disebabkan penurunan air. Teknologi X-ray mengungkapkan , penurunan berat badan ala atkins disebabkan karena lemak dan akibat massa tubuh yang lebih kurus. Kajian ini juga tidak menemukan bukti kerusakan kardiovaskuler akibat kandungan lemak tinggi dalam pendekatan diet atkins.

Sebuah penellitian yang mendukung diet atkins yang diterbitkan The new England Journal of medicinemenemukan jika para pelaku diet atkins cenderung mengalami pengurangan berat badan cukup banyak dibandingkan pelaku diet rendah lemak. Apalagi diet atkins sepertinya cocok bagi anda yang beraktivitas berat. Pola komsumsi tinggi lemak juga mempunyai sisi positif juga.

Studi terbaru juga menunjukkan diet tinggi lemak juga dapat membantu pelari wanita sanggup mencapai mencapayi jarak lebih jauh dari pada bisanya. Ada tiga kelompok yang diobservasi. Kelompok pertama diberi diet normal, kedua diberi tambahan 415 kalori yang berasal dari kacang panggang dan dan terakhir diberi ekstra kalorin dari energi-bars yang kandungan karbohidratnya tinggi. Sebulan kemudian ketiga kelompok ini di tes lari. Hasil study yang dilakukan di New York dan dimuat dalam majalah Woments Health menunjukkan bahwa kelompok kedua yang dietnya terdiri atas 35% lemak biasa berlari satu millebih jauh dari pada kelompok yang tidak mendapat diet tinggi lemak. Asupan lemak pada wanita harus 25% daripada kebutuhan hariannya. Tidak ditemukan bahaya dalam pengkomsumsian lemak yang lebih banyak, karena pada saat berlatih berat, lemak digunakan oleh tubuh untuk menghasilkan energi yang lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar