Penghasilan Sampingan

Sabtu, 13 Oktober 2012

Susu Menyebabkan Osteoporosis

 


Mungkin sebagian beranggapan bahwa semakin banyak kita meminum susu maka kita akan terhindar dari osteoporosis. Ditambah iklan yang sekarang marak  menampilkan beberapa produk susu untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Menurut Hiromi Shinya Guru besar universitas Albert Einstein Colege of Medicine Amerika serikat menyatakan dalam bukunya yang berjudul the Miracle of Enzyme menyatakan miskonsepsi mengenai susu yaitu susu dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Jumlah kalsium didalam tubuh berkurang seiring dengan bertambahnya usia sehigga iklan yang berkembang sekarang kita diberi tau untuk meminum susu untuk mencegah terjadinya osteoporosisi. Namun hal ini suatu kesalahan besar karena minum susu terlalu banyak sebenarnya menyebabkan osteoporosis.

Pada umumnya kalsium pada susu lebih mudah di serap dibanding makanan-makanan yang lainnya seperti ikan kecil, tetapi hal tersebut tidak seluruhnya benar.

Kadar kalsium dalam darah manusia biasanya terpatok 9-10mg. Namun saat minum susu konsentrasi dalam darah manusia tiba-tiba meningkat, peningkatan kalsium dalam darah ini memiliki efek yang buruk. Keadaan tubuh yang tak normal tersebut akan membuat tubuh akan menormalkan dengan car membuang kalsium ke ginjal melalui urine. Dengan kata lain minum susu dengan harapan terhindar dari osteoporosis sungguh ironis akan menyebabkan menurunnya kadar kalsium dalam tubuh. Dari empat negara penghasil susu terbesar dan tingkat komsusmsi susu tinggi sekali yaitu Ameriaka, swedia, Denmark, Finlandia banyak ditemukan kasus retak tulang panggul dan osteoporosis.

Sebaliknya ikan-ikan kecil dan rumput laut yang selama berabad-abad dimakan oleh bangsa jepang dan pada awalnya dianggap rendah kalsium, mengandung kalisum yang tidak terlalu cepat diserap oleh tubuh yang dapat meningkalkan jumlah konsentrasi kalsium dalam darah. Terlegbih lagi hampir tidak ada lagi kasus osteoporosis di jepang selama masa masyarakat jepang tidak minum susu. Tubuh dapat menyerap kalsium dan mineral yang diperlukan melalui pencernaan udang kecil, ikan dan rumput laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar